Saya rindu Renungan Pemuda Remaja Inspiratif ini menjadi berkat untuk Pemuda Remaja GKE

Sabtu, 29 Juni 2013

Sabar dan Tenang

29 Juni 2013 
Sabar dan Tenang
“Adalah baik menanti dengan diam pertolongan TUHAN” (Ratapan 3:36)

Sahabat muda, ada seorang anak muda yang tinggal ditempat tantenya di kota untuk sekolah, sedankgan orang tuanya tinggal di desa. Anak muda ini diperlakukan dengan tidak adil. Anak muda ini diperlakukan seperti pembantu bahkan ibu anak muda ini harus memberikan uang 500 ribu setiap bulan untuk keperluan biaya makan. Seharusnya kalau saudara tidak usah pakai bayar makan segala. Ketika anak muda ini curhat sama kakak rohaninya, ia diminta untuk tetap bersabar dan menanti pertolongan Tuhan. Empat tahun anak muda ini bersabar dalam penderitaan dan akhirnya Tuhan juga yang menolong dia. Anak muda ini mendapat beasiswa ke luar negeri dan sangat sukses, beda jauh dengan sepupunya (anak tantenya) yang jadi pengangguran dan pemalas.

Sahabat muda, di zaman sekarang ini tidak mudah menemukan orang yang sabar. Ketika kita dalam masalah dan pergumulan, kita sering mendengar nasihat yang mengatakan “Yang sabar ya”. Lalu kita pun mengatakan : “Kesabaran itu kan ada batasnya”. Sebenarnya apa sich kesabaran itu?

Sahabat muda, sabar adalah ketenangan hati dalam menghadapi cobaan. Sabar adalah lawan dari marah yang tidak pada tempatnya, kemampuan untuk menahan diri dalam menghadapi situasi-situasi sulit, sifat tenang, tabah, tidak tergesa-gesa atau terburu nafsu. Seperti cerita anak muda tadi dengan penuh kasih anak muda ini selalu bersabar dan tenang dalam menghadapi sikap tantenya yang tidak adil, sebab kesabaran adalah bagian dari kasih. Seperti Firman Tuhan dalam 1 Korintus 13 : 4Kasih itu sabar, kasih itu murah hati, ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong” 

Sahabat muda, sabar merupakan bagian dari buah-buah Roh yang harus terpancar terus dalam kehidupan orang-orang percaya, Galatia 5: 22-23 mengatakan : “tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetian, kelemahlembutan, penguasaan diri. ”. Sobat muda, jika kita mengaku diri sebagai orang percaya tapi kita tidak punya kesabaran, maka kita perlu bertobat!!!? Dengan sabar dan tenang, kita dapat melihar hal-hal positif di tengah kesukaran dan penderitaan sekalipun.

Sahabat muda, saat masalah dan penderitaan dan cobaan kita teramat rumit dan terasa sukar untuk kita selesaikan. Sobat muda berdiam dirilah minta pertolongan Tuhan, berdoalah kepada Tuhan, berseralah kepada-Nya. Dia tidak mungkin diam dan mebiarkan kita menghadapai masalah kita sendiri. Karena kerinduan-Nya adalah mencurahkan sukacita-Nya atas kita dan bisa menikmati berkat-berkat-Nya. 

Sahabat muda, berdiam diri dalam kasih-Nya dan menenangkan diri dalam pengharapan akan lebih baik dari pada bertindak bodoh dan malah mengacaukan semuanya. Kekuatan kita terbatas namun kekuatan dan pertolongan Tuhan sangat besar untuk menolong kita. Seperti diakhir cerita anak muda tadi, dia mendapatkan sukacita atas kesabaran dan pengorbanannya. Sobat muda jangan kuatir dan jangan putus asa, pertolongan-Nya datang selalu tepat waktu. Ia tahu waktu yang tepat untuk menolong kita dan pasti sedang mempersiapkan hal-hal yang luar biasa buat kita.

Tuhan memberkati kita semua. Amen.
Salam from tdvdonny 

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa tinggalkan pesan/komentar selesai berkunjung di Renungan Pemuda Remaja Inspiratif ini.