Saya rindu Renungan Pemuda Remaja Inspiratif ini menjadi berkat untuk Pemuda Remaja GKE

Minggu, 11 Juni 2017

MENJADI MANUSIA SEUTUHNYA

Bacaan : Matius 28 : 16 - 20
 “… dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.
Matius 28 : 20

Sahabat Muda, dalam suatu kesempatan, saya pernah mendengar seorang ibu berkata dengan gembira bahwa di sekolah tempat anaknya mengikuti Ujian Nasional, para murid dipersiapkan untuk menyontek dan saling berbagi jawaban. Ia gembira sebab dengan begitu anaknya akan lulus ujian. Namun, ia tidak menyadari bahwa anaknya bersama dengan anak-anak yang lain sedang dicetak menjadi pembohong yang menghalalkan segala cara untuk berhasil.

Sahabat Muda, dalam bacaan kita hari ini. Yesus tidak hanya memerintahkan para murid-Nya untuk pergi membaptiskan orang, tetapi juga mengajar mereka. Perintah untuk mengajar ini dilihat sebagai praksis pemuridan. Artinya, mereka tidak hanya diajar untuk tahu secara kognitif dengan menghafal berbagai ajaran Yesus, tetapi mereka juga harus membatinkan (afektif) dan melakukan (psikomotorik) hal itu secara utuh dan konsisten. Ujiannya tidak berlangsung di atas kertas, tetapi di dalam kehidupan nyata. Karena itu, guru yang mengajar tidak boleh hanya berkata-kata. Para guru harus mengajar dengan sikap dan perilaku hidup sehari-hari. Learning by doing menjadi metode yang tepat dalam hal ini, sebab integritas menjadi penting. Satunya kata dan tindakan menjadi indikator keberhasilan dalam proses belajar-mengajar, buka hanya angka 90 atau 100. Dengan demikian, praksis pemuridan ini akan menghasilkan orang-orang yang bertumbuh menjadi manusia seutuhnya.

Sahabat Muda, kita dididik untuk menjadi manusia yang seutuhnya. Manusia yang cerdas dan berintegritas serta berguna bagi orang lain.

Sahabat Muda, kita jangan hanya mau sukses tanpa mau belajar dan bekerja keras, karena keberhasilan adalah milik para pembelajaran yang tekun dan setia. Amen

 Disadur dari :
Youth for Christ, Minggu, 11 Juni 2017

 (Salam From tdvdonny)

7 komentar:

Jangan Lupa tinggalkan pesan/komentar selesai berkunjung di Renungan Pemuda Remaja Inspiratif ini.